Sabtu, 21 September 2013

Alkana "Gas Metana"

Alkana merupakan senyawa hidrokarbon jenuh dan paling sederhana yang mempunyai ikatan tunggal.

Sifat fisik alkana
  • -Semua alkana merupakan senyawa polar sehingga sukar larut dalam air. Pelarut yang baik untuk alkana adalah pelarut non polar misalanya eter.
  • -Semua alkana tidak berwarna, dan memiliki bau yang khas
  • -Alkana rantai pendek (C1 sampai C4) berupa gas, rantai sedang ( C5 sampai C17 )  berupa cairan dan jika lebih panjang berbentuk padatan.


Sifat kimia alkana
  • -Pada umumnya alkana sukar bereaksi dengan senyawa lainnya
  • -Dalam oksigen berlebih alkana dapat terbakar menghasilkan kalor, karbondioksida, dan uap air.
  • -jika alkana direaksikan dengan unsur-unsur halogen (F2, Cl2, Br2, I2 ) atom-atom H pada alkana akan di gantikan oleh atom-atom halogen

Metana adalah hidrokarbon paling sederhana yang berbentuk gas dengan rumus kimia CH4


Metana merupakan suatu alkana. Dikatakan metana karena memiliki satu atom karbon. Berikut tabel tata penamaan senyawa alkana:

Nama
Jumlah karbon
Rumus molekul
Metana
1
CH4
Etana
2
C2H6
Propana
3
C3H8
Buatana
4
C4H10
Pentana
5
C5H12
Heksana
6
C6H14
Heptana
7
C7H16
Oktana
8
C8H18
Nonana
9
C9H20
Dekana
10
C10H22

Metana merupakan gas yang tidak berwarna, sehingga tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Tetapi metana dapat diidentifikasi melalui indra penciuman, karena baunya yang khas.  Sebenarnya gas metana berada di sekitar kita, beberapa di antaranya adalah:
  • -Metana dapat ditemukan pada kotoran shewan seperti sapi, kambinjg, domba, babi  dan unggas.
  • -Metana juga ditemukan pada kotoran manusia
  • -Gas elpiji yang kita gunakan jga mengandung gas metana
  • -Metana terdapat pada sampah-sampah organik setelah dilakukan pembakaran oleh bakteri
  • -Lahan gambut juga menghasilkan gas metana


Selain di atas, di daerah-daerah tertentu juga diketahui mengandung metana dalam jumlah yang sangat besar yaitu dalam bentuk hidrat seperti:
  • -Daerah antartika menyimpam kurang lebih 400 miliar ton metana dalam bentuk hidratnya
  • -Bagian barat Siberia (Danau Baika) memiliki daerah kolam berlumpur seluas prancis dan jerman yang beku oleh es abadi. Di daerah ini mengandung tidak kurang dari 70 miliar ton metan hidrat.
  • -Gas metana juga ditemukan ditemukan terperangkap di dasar samudera di kedalaman 1000 kaki dengan jumlah yang sangat banyak.

Pada umumnya gas metana memiliki dampak positif dan dampak negatif. Berikut dampak positif dan negatif dari gas metana:

Dampak positif

Dampak positif dari gas metana yaitu  sebagai sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil yang semakin lama semakin menipis seiring dengan bertambahnya penggunaan bahan bakar tersebut. Menurut literatur yang saya baca, gas metana ini dapat di olah menjadi biogas sebagai bahan bakar. Tentu hal ini sangat menguntungkan karena di tinjau dari gas metana yang mudah di temui.

Dampak negatif

Metana merupakan gas dengan emisi rumah kaca 23 kali lebih berbahaya di bandingkan dengan karbondioksida. Kalkulasi emisi gas metana yang dihasilkan oleh hewan dan manusia tiap tahunnya adalah sebagai berikut:
  • -Western cattle: 120kg/year
  • -Non western cattle: 60 kg/year
  • -Sheep: 8 kg/year
  • -Pig: 1.5 kg/year
  • -Human: 0.12/year

Belum lagi gas metana yang terdapat di benua antartika yang kurang lebih sebanyak 400 miliar ton dalam bentuk hidrat, bila es di benua antartika mencair akibat pemanasan global, dan menyebabkan gas metana yang terdapat di dalamnya terbuang ke udara, tentu hal ini sangat berbahaya dan menyebabkan pemanasan global menjadi semakin parah.

Permasalahan:

Seperti yang telah kita ketahui, gas metana merupakan gas dengan emisi rumah kaca yang lebih berbahaya dibandingkan dengan karbondioksida sehingga dapat menimbulkan terjadinya pemanasan global. dan elpiji yang kita gunakan sehari-hari juga mengandung gas metana. karena pada dasarnya gas metana dapat di jadikan sebagai bahan pembuatan biogas.  Bagaimana agar produksi biogas tetap berlangsung tetapi gas metana di udara dapat di kurangi?

3 komentar:

  1. baiklah saya akan mencoba menjawab permaslahan anda:
    Biogas adalah gas yang dihasilkan dari proses penguraian bahan-bahan organik oleh mikroorganisme pada kondisi langka oksigen (anaerob).dan dari literatur yang pernah saya baca cara cepat mengurangi kadar metana di atmosfer ialah salah satunya dengan berhenti mengonsunsi daging dan produk-produk olahan susu atau menjadi vegetarian.
    terimakasih

    BalasHapus
  2. Bismillahirrohmanirrohim…
    Saya akan mencoba menjawab :
    Biogas merupakan gas yang dihasilkan oleh aktivitas anaerobik atau fermentasi dari bahan-bahan organik termasuk di antaranya; kotoran manusia dan hewan, limbah domestik (rumah tangga), sampah biodegradable atau setiap limbah organik yang biodegradable dalam kondisi anaerobik. Kandungan utama dalam biogas adalah metana dan karbon dioksida. metode alternatif untuk mendapatkan metana adalah melalui biogas yang dihasilkan oleh fermentasi substansi organik, misalnya pupuk kandang, limbah cair, tempat pembuangan sampah, pada kondisi anaerob (tanpa oksigen),, misalnya seperti kotoran sapi yang dapat dicampurkan dengan air didalam ember, kemudian dimasukkan atau tampung pada digester . kemudian tambahkan starter yang banyak dijual di pasaran. Kemudian anda dapat menunggu hingga hari kesepuluh, sebaiknya gas metana siap digunakan pada hari ke 14, alirkan gasmethana ke dalam tabung gas anda. Gas metana siap digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak.
    cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi kadar metana di atmosfer ialah salah satunya dengan berhenti mengonsunsi daging dan produk-produk olahan susu atau menjadi vegetarian. Pada industri peternakan dengan menambahkan minyak ikan pada hewan pemamah biak dapat mengurangi kadar metana yang dikeluarkan oleh hewan tersebut. Minyak ikan berpengaruh pada bakteri yang memproduksi gas metana dan hanya terdapat di usus hewan pemamah biak dan dapat mengurangi 21% gas metana. Dengan memberikan gizi yang berkualitas tinggi pada makanan ternak dapat menghasilkan emisi metana yang lebih sedikit.

    terima kasih :)

    BalasHapus
  3. dari permasalahan di atas saya akan mencoba menjawab pertanyaan yang telah di paparkan.Menurut pendapat dari berbagai kalangan,untuk mengurangi gas metana tergantung pada manusia itu sendiri seperti mengurangi konsumsi seperti daging dan telur.Namun itu tidak dapat di lakukan.Oleh karena itu,harus adanya keseimbangan makanan yang di konsumsi.
    Untuk biogas dapat dipertahankan dengan memiliki ternak seperti sapi,biogas yang dihasilkan juga dapat digunakan sebagai pupuk kqandang.Semoga bermanfaat

    BalasHapus